Pengembangan Model Pembelajaran Kooperatif Modeling The Way dalam Pembelajaran Bermain Drama pada Peserta Didik SD Kelas VI

Penulis

  • Muh. Nur Akbar Universitas Negeri Gorontalo

Kata Kunci:

model pembelajaran, Modeling the Way, drama

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi kebutuhan pengembangan, merumuskan prinsip pengembangan, mengembangkan prototipe, dan mengidentifikasi keefektifan model pembelajaran Modeling the Way. Penelitian ini dilakukan dengan desain penelitian R&D. Langkah penelitian ini adalah studi literatur, analisis kebutuhan pengembangan, pengembangan model, uji validasi, revisi, penerapan, revisi, pengembangan model akhir. Teknik pengumpulan data dilaksanakan melalui angket, jurnal, lembar pengamatan, lembar uji validasi, dan teknik tes. Instrumen yang digunakan adalah angket analisis kebutuhan pengembangan, lembar uji validasi, observasi, motivasi, dan kreativitas peserta didik, serta lembar tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data kebutuhan, uji validasi ahli, dan teknik analisis data uji coba terbatas. Hasil penelitian ini adalah pengembangan model pembelajaran Modeling the Way adalah diskusi, guru mengaitkan materi sebelumnya dengan materi yang dipelajari, dan peserta didik memberikan evaluasi terhadap temannya. Prinsip model ini adalah kerja sama, kreativitas individu, dan naskah drama bermuatan pendidikan karakter.

Unduhan

Diterbitkan

2020-01-30