Peranan Media Sosial Terhadap Pemerolehan Bahasa Anak SD (Tinjauan Psikolinguistik)

Penulis

  • Ai Ade Rahmayanti SMPN Satu Atap 3 Sodonghilir

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peranan media sosial dalam pemerolehan bahasa anak pada SD Negeri Surusunda 01. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif kualitatif. Penentuan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik pengambilan data berdasarkan tujuan tertentu. Sumber data yang digunakan adalah narasumber atau informan, yaitu guru kelas dan beberapa orang tua siswa SD Negeri Surusunda 01. Pengumpulan data menggunakan teknik wawancara mendalam, teknik observasi, dan teknik dokumen atau arsip. Teknik analisis data yang digunakan secara interaktif dalam penelitian ini adalah reduksi data, sajian data, dan penarikan simpulan atau verifikasi. Berdasarkan penelitian yang dilakukan didapatkan hasil bahwa pemerolehan bahasa kedua siswa SD Negeri Surusunda 01 dilakukan dengan kegiatan pembiasaan dari keluarga lingkungan serta peranan teknonologi minformasi media social yang sedang berkembang.

Unduhan

Diterbitkan

2020-01-30