Upaya Peningkatan Kemampuan Guling Depan dengan Menggunakan Media Matras Bidang Miring dalam Senam Lantai pada Siswa

Penulis

  • Lely Mardiyanti Universitas Jambi

Kata Kunci:

guling depan, penggunaan matras bidang miring

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pembelajaran senam lantai guling depan melalui media matras bidang miring pada siswa kelas XI TKJ 1 SMK Komputama Jeruklegi Tahun Ajaran 2019/2020. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI TKJ 1 SMK Komputama Jeruklegi Kabupaten Cilacap Tahun Ajaran 2019/2020 yang berjumlah 22 anak, terdiri atas siswa putra sebanyak 8 anak dan siswa putri sebanyak 14 anak. Instrumen yang digunakan yaitu tes unjuk kerja guling depan. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dankuantitatif dengan bentuk persentase. Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa peningkatan hasil pembelajaran senam lantai guling depan melalui pendekatan permainan ditandai dengan peningkatan nilai rata-rata siswa. Nilai rata-rata siswa pada kondisi awal sebesar 76,46 dengan persentase ketuntasan sebesar 38,46%. Kondisi tersebut mengalami peningkatan nilai rata-rata siswa pada siklus I yaitu sebesar 79,08 dan persentase ketuntasan sebesar 57,69%. Namun, peningkatan tersebut masih belum mencapai target yang ditetapkan sebelumnya. Kemudian setelah melanjutkan ke siklus II nilai rata-rata kemampuan senam guling depan siswa kembali mengalami peningkatan sebesar 82,82 dengan persentase ketuntasan sebesar 81,81%. Hal tersebut menunjukkan bahwa target yang telah ditetapkan sebelumnya sudah tercapai sehingga penelitian dihentikan pada siklus II. Proses pembelajaran senam lantai guling depan menggunakan media matras bidang miring berlangsung dinamis dan menyenangkan, hasil pengamatan terhadap guru saat pembelajaran juga meningkat di setiap pertemuan.

Unduhan

Diterbitkan

2020-01-30