https://jurnal.stkipdarussalamcilacap.ac.id/index.php/karakter/issue/feed JURNAL KARAKTER (Kajian Ilmu Pendidikan dan Pembelajaran) 2023-05-11T15:40:14+00:00 Dian Imam Saefulah, S.Pd., M.Or., AIFO dianimamsaefulah@stkipdarussalamcilacap.ac.id Open Journal Systems <p>JURNAL KARAKTER Kajian Ilmu Pendidikan dan Pembelajaran is a peer-reviewed journal published by STKIP Darussalam Cilacap, with ISSN since 2018. JURNAL KARAKTER Kajian Ilmu Pendidikan dan Pembelajaran is an integrated media for ongoing communication related to significant new research findings related to education, including the fields of educational research in teaching, learning and teaching, curriculum development, learning environment, teacher education, educational technology, and education development.</p> <p>JURNAL KARAKTER Kajian Ilmu Pendidikan dan Pembelajaran publishes research articles that are comprehensive in nature by inviting reviews from the leading experts in the fields. The incoming papers will be selected based on high scientific studies, provide important new knowledge, and are very interesting for the community in the field of education.</p> https://jurnal.stkipdarussalamcilacap.ac.id/index.php/karakter/article/view/11 Inovasi Aspek Keterampilan Menulis pada Pembelajaran Bahasa Indonesia dengan Model Hypnoteaching 2023-05-11T15:18:52+00:00 Pebri Isnawati febryisnawati91@gmail.com <p>We must admit honestly that learning Indonesian in junior high school has not run optimally as we expected. Many teachers still use theoretical and memorizing learning techniques so that learning activities take place rigid, monotonous, and boring. The subjects of Indonesian have not been able to attach themselves to students as something rational, cognitive, emotional, and affective. The use of learning methods that are still traditional is what affects students. Indonesian can not be used as a subject that is liked especially missed by students. The impact of such learning conditions is the failure of students to develop their knowledge, language skills, and positive attitudes towards Indonesian. Such conditions are exacerbated by the lack of innovation of teachers in learning Indonesian. From these problems, the author seeks to present an innovation in aspects of writing skills in learning Indonesian with a hypnoteaching model.</p> 2020-07-29T00:00:00+00:00 Hak Cipta (c) 2023 JURNAL KARAKTER Kajian Ilmu Pendidikan dan Pembelajaran https://jurnal.stkipdarussalamcilacap.ac.id/index.php/karakter/article/view/12 Pemerolehan Bahasa Anak Ditinjau dari Bahasa Ibu 2023-05-11T15:23:15+00:00 Amalia Nurul Azizah amalianurulazizah22@gmail.com Ambar Ristianinging Ayu ambarayu06@gmail.com <p>Penelitian ini mendeskripsikan pemerolehan bahasa (B2) yaitu bahasa Indonesia pada anak yang terpengaruh dengan bahasa ibu (B1) yaitu bahasa daerah. Penelitian ini termasuk dalam penelitian kualitatif menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Data yang dihasilkan dari penelitian ini adalah data-data verbal tentang pemerolehan bahasa. Objek penelitian ini adalah pemerolehan bahasa anak yaitu bahasa Indonesia yang terpengaruh dari bahasa ibu atau bahasa daerah. Sampel yang diambil ada dua daerah yang secara geografis berbeda. Yakni masyarakat kota Jepara dan masyarakat kota Solo. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik dokumentasi. Dokumen yang dianalisis dalam penelitian ini adalah bahasa yang berlaku di masyarakat kota Jepara dan Solo dan dikaitkan dengan pemerolehan bahasa Indonesia. Validitas data yang digunakan yaitu triangulasi teori. Analisis data pada penelitian ini terdiri dari beberapa komponen yaitu reduksi data atau seleksi data (memilih dan memilah data), penyajian data, dan penerikan kesimpulan. Hasil penilitian ini yaitu Pemerolehan bahasa (B2) pada anak-anak ada sedikit kekeliruan atau kesalahan. Hal ini karena anak-anak masih terpengaruh dengan bahasa ibu (B1) yang mereka miliki. Bahasa ibu yang mereka miliki mempengaruhi pengucapan bahasa Indonesia (B2) yang baik dan benar. Kesalahan tersebut biasanya terdapat pada kata-kata bahasa Indonesia yang memiliki kemiripan dengan kosa kata bahasa ibu (B1) tersebut.</p> 2020-07-29T00:00:00+00:00 Hak Cipta (c) 2023 JURNAL KARAKTER Kajian Ilmu Pendidikan dan Pembelajaran https://jurnal.stkipdarussalamcilacap.ac.id/index.php/karakter/article/view/13 Pengaruh Latihan Naik Turun Bangku Terhadap Kemampuan Lompat Jauh Gaya Jongkok Pada Siswa Putra Kelas V MI Mafatihul Huda Desa Bulaksari Kecamatan Bantarsari Kabupaten Cilacap 2023-05-11T15:26:54+00:00 Suparmin jurnal.stkipdarussalam@gmail.com <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Latihan Naik Turun Bangku Terhadap Kemampuan Lompat Jauh Gaya Jongkok Pada Siswa Putra Kelas V Mi Mafatihul Huda Desa Bulaksari Kecamatan Bantarsari Kabupaten Cilacap<em>. </em>Skripsi. Cilacap: STKIP Darussalam Cilacap, 2019. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Latihan Naik Turun Bangku Terhadap Kemampuan Lompat Jauh Gaya Jongkok. Perlakuan yang diberikan pada penelitian ini adalah latihan naik turun bangku. Populasi penelitian ini adalah 30 siswa putra kelas&nbsp; V MI Mifatuhul Huda Desa Bulaksari Kecamatan Bantarsari Kabupaten Cilacap. Dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian eksperimen. Penelitian ini menggunakan design pretest-posttest control group design. Analisis statistik yang digunakan adalah uji t. Hasil analisis uji t hasil perhitungan perbandingan antara hasil akhir dari kelompok eksperimen dan kelompok kontrol ternyata terdapat perbedaan yang signifikan kempuan lompat jauh gaya jongkok. Hasil perhitungan menyatakan bahwa harga t hitung sebesar 3,33 lebih besar dari harga t tabel sebesar 2,048dengan taraf α= 0,05, sehingga dapat disimpulkan bahwa kedua kelompok mempunyai kemampuan lompat jauh yang berbeda.</p> 2020-07-29T00:00:00+00:00 Hak Cipta (c) 2023 JURNAL KARAKTER Kajian Ilmu Pendidikan dan Pembelajaran https://jurnal.stkipdarussalamcilacap.ac.id/index.php/karakter/article/view/14 Pemerolehan Bahasa pada Anak Pedesaan Usia 5 Tahun 2023-05-11T15:35:11+00:00 Alwi Sofyan alwisofyan@stkipdarussalam.ac.id Anggie Al Mukhradibillah anggisantrikutasari@gmail.com <p>Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pemerolehan bahasa anak pedesaan usia 5 tahun pada tataran fonologi, morfologi, dan sintaksis. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan pengumpulan data menggunakan metode rekam, simak, dan catat. Metode analisis data dengan menggunakan metode analisis mengalir. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) dalam tataran fonologi, anak telah mampu mengucapkan bunyi huruf konsonan maupun vokal dengan baik serta telah mampu membedakan makna melalui bunyi fonem tersebut; (2) dalam tataran morfologi, anak telah mampu membentuk beberapa morfem yang menunjukkan fungsi gramatika bahkan ditemukan bahasa campur kode dalam proses afiksasi; (3) dalam aspek sintaksis, anak sudah mampu menyebutkan tuturan deklaratif, interogatif dan imperatif, struktur kalimat sudah berpola, dan jumlah kosakata yang dimiliki lebih banyak.&nbsp;</p> 2020-07-29T00:00:00+00:00 Hak Cipta (c) 2023 JURNAL KARAKTER Kajian Ilmu Pendidikan dan Pembelajaran https://jurnal.stkipdarussalamcilacap.ac.id/index.php/karakter/article/view/15 Pengaruh Latihan Variasi Kelincahan Terhadap Keterampilan Dribbling Sepakbola pada Pemain SSB Bina Taruna Wangon Tahun 2020 2023-05-11T15:40:14+00:00 Muhamad Sofiyan Siswo Aji sofiyansiswoaji@gmail.com Dian Imam Saefulah dianimamsaef@gmail.com <p>Permasalahan penelitian ini adalah apakah ada pengaruh latihan variasi kelincahan terhadap keterampilan <em>dribbling </em>sepakbola? Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh latihan variasi kelincahan terhadap keterampilan <em>dribbling </em>sepakbola pada pemain SSB Bina Taruna&nbsp; Wangon Tahun 2020. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode <em>eksperimen. </em>Populasi penelitian ini adalah seluruh pemain SSB Bina Taruna &nbsp;Wangon Tahun 2020 yang berjumlah 132 anak. Penelitian ini menggunakan teknik <em>purposive sampling </em>dengan total sampel 20 pemain. Variabel penelitian ini yaitu latihan variasi kelincahan antara lain <em>shuttle run, zig- zag run, </em>dan <em>three corner drill</em>. Metode pengumpulan data dilakukan menggunakan instrumen tes keterampilan <em>dribbling</em>. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah <em>one group preetest posttest design</em>. Hasil analisis&nbsp; data&nbsp; menggunakan uji t&nbsp; diperoleh&nbsp; &nbsp;&nbsp;&nbsp;lebih&nbsp; besar dari &nbsp;&nbsp;yaitu 13,883 &gt; 2,092 dengan taraf signifikan 5%. Dengan demikian dapat dijelaskan bahwa terdapat peningkatan yang signifikan antara data sebelum dan sesudah diberikan perlakuan. Peningkatan rerata terlihat nyata karena terjadi peningkatan sebesar 3,32 dari 21,27 menjadi 17,95. Jika digambarkan dalam bentuk persentase peningkatan tersebut sebesar 18,49%. Simpulan penelitian adalah terdapat pengaruh yang signifikan antara latihan variasi kelincahan terhadap keterampilan <em>dribbling </em>sepakbola pada SSB Bina Taruna&nbsp; Wangon Tahun 2020. Disarankan kepada pihak pelatih untuk memprioritaskan latihan kelincahan dalam penyusunan program latihan fisik guna menunjang keterampilan <em>dribbling </em>sepakbola.</p> 2020-07-29T00:00:00+00:00 Hak Cipta (c) 2023 JURNAL KARAKTER Kajian Ilmu Pendidikan dan Pembelajaran